Jadikan Rupat Destinasi Wisata

Peran Masyarakat Sangat Diperlukan

Bupati H Herliyan Saleh didampingi istri Hj Romaini berfoto bersama pemenang lomba mancing di Desa Pangkalan Nyirih, Kecamatan Rupat, Minggu (5/4).

BATUPANJANG (HR)–Sejalan dengan upaya yang telah, sedang dan akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk menjadikan Pulau Rupat sebagai destinasi wisata, maka peran, peranan dan partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan.

Menurut Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, selain ikut memperomosikannya, upaya lain yang dapat dan harus dilakukan masyarakat adalah meningkatkan sikap dan semangat sadar wisata.

“Yaitu kesadaran masyarakat untuk berperan aktif. Menyadari peran dan tanggung jawabnya sebagai tuan rumah yang baik bagi tamu atau wisatawan yang berkunjung. Senantiasa ikut mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif,” jelas Herliyan saat mengikuti lomba mancing yang diselenggarakan masyarakat setempat di sekitar perairan Desa Pangkalan Nyirih, Kecamatan Rupat, baru-baru ini.

Di samping upaya yang dilakukan Pemkab Bengkalis, kata Bupati, kegiatan lomba memancing tersebut, merupakan sarana promosi yang efektif untuk semakin memperkenalkan potensi pariwisata di pulau Rupat.

“Ke depan, kegiatan seperti ini hendaknya dapat terus dilakukan. Pemkab Bengkalis akan mendukung sepenuhnya,” harap Herliyan seraya mengingatkan warga di pulau yang memiliki dua kecamatan itu senantiasa menjaga kelestarian lingkungan.

 Kegiatan lomba yang diikuti sekitar 500 peserta memperebutkan tiga sepeda motor sebagai hadiah utama. Ketiga hadiah utama itu didapat, Kasad, warga Sungai Cingam keluar sebagai pemenang ketiga yang memperoleh ikan sembilang seberat 1,75 Kg yang didapatnya sekitar pukul 15.30 WIB.

Sedangkan pemenang kedua diraih Onong.  Warga Hutan Panjang ini memperoleh ikan Kerapu seberat 1,9 Kg yang didapatnya pada pukul 11.01 WIB. Adapun pemenang pertama diraih Mega Bonar. Warga Tanjung Jaya ini berhasil memperoleh ikan kelampai seberat 2 Kg yang didapatnya pada 10.09 WIB.

Selain Sekretaris Daerah H Burhanuddin, Kepala Dinas Budparpora H Eduar, Kadispenda H Umran, Kadis Kelautan dan Perikanan H Amril Fakhri, Kadis Sosial Darmawi dan Camat Rupat Yusrizal, sejumlah anggota DPRD Bengkalis juga ikut lomba memancing.

Adapun anggota DPRD yang ikut lomba mancing tersebut diantaranya Abdul Kadir, Nur Azmi Hasyim dan Adrian Prama Putra. Sedangkan Indrawan Sukmana yang sedianya juga ikut, tidak jadi  menyusul speedboat Pemdalis 04 yang ditumpanginya dari Dumai menuju lokasi lomba bersama Kadis Pekerjaan Umum HM Nasir dan Kepala Bagian Humas Johansyah Syafri kandas di sekitar perairan Tanjung Jering. Lokasi kandas ini sekitar 30 menit perjalanan ke tempat lomba memancing. (man)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar