Pekanbaru

Tiga Hotspot dengan Level Confidence Tinggi Terpantau di Riau

Kebakaran lahan di Jalan Riau Ujung, beberapa waktu lalu (dok. RMID)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Tiga hotspot atau titik panas dengan level confidence tinggi terpantau oleh BMKG Pekanbaru pagi ini, Selasa (30/6/2020).

Tiga titik tersebut berada di Kecamatan Langgam dan Kecamatan Bunut di Kabupaten Pelalawan, dan Kecamatan Bukit Kapur di Kota Dumai.

Confidence adalah level kepercayaan yang artinya, semakin tinggi confidence, semakin tinggi kemungkinan titik panas adalah titik api akibat kebakaran.

"Luasan 1 titik hotspot yaitu 1 km persegi dengan suhu 45 derajat pada siang hari dan 40 derajat pada malam hari. Sumber panas yang menjadi hotspot bisa jadi dari pabrik dengan atap seng atau yang lain yang memenuhi kritria algoritmanya. Akan tetapi, semakin besar confidence level-nya, maka semakin besar pula kemungkinan titik itu sebagai fire spot atau titik api" jelas Prakirawan BMKG Pekanbaru, Bibin Sulianto kepada Riaumandiri.id.

Selain itu, secara keseluruhan per pagi ini terpantau titik panas berjumlah 189. Ada peningkatan drastis di Sumatra Utara (78 titik) dan Sumatra Barat (30 titik) dari laporan kemarin (33 dan 4 titik).

"Hari ini Sumatera Barat terpantau 30 titik sedangkan Sumatera Utara 78. Aceh 6, Bengkulu 4, Jambi 8, Lampung 13, Kepulauan Riau 2, dan Babel 21," ujar Prakirawan Pekanbaru, Sanya G.

Sedangkan khusus Riau, terpantau 20 titik yaitu Pelalawan 11, Rokan Hulu 1, Siak 1, Indragiri Hilir 2, dan Dumai 5.

 

Reporter: M Ihsan Yurin



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar