Pendidikan

Lulusan SD di Pekanbaru Melebihi Daya Tampung SMP Negeri

Siswa SD di Pekanbaru (dok. RMID)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Jumlah total siswa lulusan Sekolah Dasar tahun 2020 ini dua kali lipat dibanding daya tampung 45 Sekolah Menengah Pertama Negeri yang tersebar di Kota Pekanbaru.

Untuk jumlah total lulusan siswa SD tahun ini mencapai 17.269 orang, sedangkan 45 SMPN yang ada di Pekanbaru hanya bisa menampung sebanyak 8.371 siswa.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas mengimbau, para orangtua agar tidak memaksakan anaknya masuk ke SMP negeri terutama calon peserta didik yang berada di luar zonasi.

"Kalau seandainya tidak masuk zonasi, jangan dipaksakan," pesannya, Selasa (30/6/).

Menurut dia, orangtua siswa masih memiliki peluang untuk menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah swasta yang ada. Mengingat di Kota Pekanbaru juga banyak.

Ismardi menjelaskan, Disdik Pekanbaru sudah menyurati pihak SMP swasta terkait banyaknya warga yang mengatakan biaya pendidikan sekolah di swasta mahal. "Sudah kita surati," katanya.

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, kata Ismardi. mengimbau kepada pihak sekolah swasta agar tidak memungut biaya pendidikan terlalu tinggi.

Untuk diketahui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP akan dimulai hari ini, Rabu (1/7).  Dilakukan secara online dan menerapkan sistem zonasi atau berdasarkan jarak tempat tinggal siswa dengan lokasi sekolah.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar