Nasional

5 Personel Grup Band Positif Corona Manggung di Klub Malam Batam

Ilustrasi (Net)

RIAUMANDIRI.ID, BATAM – Lima dari tujuh personel sebuah grup band di Batam diketahui positif covid-19. Kabarnya, mereka sempat manggung di klub malam terkenal di kawasan Penuin, Baloi, Lubuk Baja, Batam, Kepulauan Riau.

Personel grup band positif corona yang manggung di klub malam terdiri dari vokalis, gitaris dan drummer.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmajadi mengatakan, sebanyak 7 orang personel band tiba di Kota Batam pada tanggal 20 Juni 2020.

Tanggal 23 Juni 2020, personel band lainnya menyusul ke Batam. Mereka adalah warga asal Surabaya.

Belakangan, diketahui personel yang tiba pada tanggal 23 Juni ini statusnya menjadi pasien positif corona ke 247 Kota Batam.

"Diketahui salah seorang personel mereka sakit-sakitan, rencana akan dipulangkan dan diganti dengan personel lain," kata Didi, Senin (13/7/2020).

Pasien tersebut ke Batam dalam rangka mencari pekerjaan. Namun belum sempat mendapat pekerjaan, ia sakit dan rencananya akan diganti oleh orang lain dan dipulangkan.

Pada tanggal 3 Juli 2020, pasien itu memeriksakan diri ke Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) untuk rapid test, dan hasilnya reaktif. Rencananya, ia akan berangkat ke Jakarta, sehingga melakukan pemeriksaan rapid test.

Kemudian dilanjutkan pemeriksaan swab tenggorokan dan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Tim gugas Covid-19 selanjutnya melakukan proses tracing. Mereka diperoleh hasil bahwa keempat teman satu grup bandnya juga terkonfirmasi positif corona.

Sehingga ada 5 orang personel band yang saat ini menjadi pasien COVID-19. Mereka adalah pasien nomor 247, 255, 256, 257 dan 258.

Menurutnya, para personel grup band positif corona ini sempat manggung di klub malam terkenal di kota Batam.

Pasalnya sejumlah tempat hiburan seperti diskotek, karaoke, dan klub malam di kota Batam memang sudah mulai dibuka.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmajadi sangat sulit untuk melacak penularan dari grub band tersebut kepada para pengunjung.

"Kalau pengunjung susah," kata Didi saat dihubungi media.

Didi menduga para personel grup band positif corona ini tertular sejak di Surabaya. Tetapi mereka bisa lolos ke Batam karena hasil rapid test saat itu dinyatakan non reaktif.

Kekinian, grup band positif corona tersebut telah dievakuasi ke RS Khusus Infeksi di Pulau Galang.

"Mereka semua sudah dibawa ke RSKI Galang," ucap Didi.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar