Riau

Bertambah 3 Kasus Positif Covid-19 di Riau, Jubir Minta Warga Tak Pakai Masker Disanksi

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yopi

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Tim kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau meminta kepada pemerintah untuk memberi sansi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Terutama dalam pemakaian masker saat berada di luar dan di lingkungan orang banyak. 

Hal ini karena setiap hari terjadi penambahan pasien positif di Indonesia termasuk di Riau, dari orang tanpa gejala (OTG).

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 dr Indra Yopi mengatakan, di Riau ada penambahan 3 kasus positif dan 2 di antaranya OTG. Tiga kasus baru Covid-19, berasal dari Kabupaten Kampar, Siak, dan Kota Pekanbaru. Dua tanpa gejala saat rapid test dan satu lansia yang memang ada gejala.

“Penambahan tiga pasien positif tanpa gejala, Tn R (35) warga Kampar dan saat ini sudah dirawat di rumah sakit Kampar. Pasien ini melakukan rapid test, dan hasilnya reaktif. Saat diswab ternyata positif Covid-19. Riwayat perjalanannya dari Sumatera Barat sekitar dua minggu yang lalu," ujar Indra Yopi.

“Kemudian, tanpa gejala juga Tn R (26), warga Provinsi Sumatera Selatan yang akan bekerja di salah satu perusahaan di Riau, tetapi karena perusahaan itu mewajibkan pemeriksaan rapid test, maka pasien tersebut melakukan rapid test mandiri. Maka tuan R ini pun menjalani rapid test. Hasilnya reaktif dan swabnya positif," jelasnya lagi.

Sedangkan pasien ketig terkonfirmasi positif di Riau, Ny F (80) warga Siak. Pasien ini datang ke rumah sakit dengan keluhan. Pasien nyonya F ini sudah sepuh atau lansia, datang ke rumah sakit dengan keluhan ada demam, sudah di-rontgen dan hasil rontgen fotonya menggambarkan seperti ada infeksi di paru-paru. Lalu diswab ternyata positif. Namun riwayat penularan dan perjalanannya belum bisa dipastikan.

“Jadi orang tanpa gejala, itu secara teorinya 60 sampai 80 persen, yang 20 persen yang dirawat itu bergejala, itu statistik seluruh dunia. Nah kita di Provinsi Riau mengalami 240 lebih, itu 60 persennya pasein tanpa gejala. Nah makanya pakai masker dan sudah dibilang berkali-kali,” tegas Indra Yopi.

“Pada momen seperti inilah kita harus menegakkan, bagaimana pemrintah daerah memberikan solusi menyiapkan sanksi bagi orang yang keluar rumah tidak memakai masker. Di Indonesia sampai saat ini belum ada turunnya sama sekali. Walaupun di Provinsi Riau sejak beberapa terakhir, sejak klaster-klaster berkurang relatif stabil. Seperti hari ini, yang positf tiga, yang sehat tiga,” jelasnya.

Selain ada penambahan pasien positif, di Provinsi Riau kembali ada kabar baik dengan adanya penambahan 3 pasien covid- 19 yang dinyatakan sembuh, yakni, ES (56) yang merupakan warga Kabupaten Rokan Hulu, SA (32) yang merupakan warga Kabupaten Kuantan Singingi, dan MH (40) yang merupakan warga Kota Pekanbaru. 


Reporter: Nurmadi


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar