Riau

Usai Dibantu Bupati Rohil Suyatno, Bisu Mulai Kembali Jalani Hidup Normal

Foto Bisu saat masih menjadi gelandangan (kiri) dan foto saat diobati (kanan). (Foto: Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, ROKAN HILIR - Penderita keterbelakangan mental ataupun orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) yang kerap menjadi gelandangan jangan dikucilkan. Bagi orangtua ataupun keluarga yang memiliki penderita down syndrome atau penyakit keterbelakangan mental, tak sepatutnya mengucilkan mereka dari pergaulan atau minder. Sebab akan mematahkan semangat untuk maju.

Di Rokan Hilir ada salah satu penderita ODGJ yang biasanya mencari barang apa saja di pinggir jalan, kini secara berangsur pulih dan membaik.

Sebut saja namanya Bisu yang usianya lebih kurang 50 tahun. Warga Jalan Pepaya Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir ini, sejak bertemu dengan Bupati Rohil H Suyatno seminggu yang lalu berangsur mulai membaik.

Hal ini terlihat Bisu sudah menggunakan pakaian seperti manusia biasanya. Bahkan, bau aroma tak sedap sudah hilang dari tubuh Bisu. Padahal sebelumnya, Bisu hanya menutupi badannya dengan gumpalan tali plastik yang terlihat kumuh, kotor dan berbau.

Ternyata mulainya Bisu berangsur pulih dan menjalani kehidupan normal hidup, tidak terlepas dari arahan Bupati Rohil H Suyatno. Saat pertemuan itu, Bupati Suyatno meminta salah satu Datuk Penghulu di Kecamatan Bangko untuk memperhatikan kehidupan Bisu. Mulai memberikan tempat tinggal, makanan hingga pakaian.  

"Saya bertemu yang bersangkutan ini sekitar satu atau dua minggu yang lalu. Miris kali melihat kondisinya. Badannya hanya ditutupi dengan gumpalan tali plastik yang dibawanya. Subhanallah kondisinya saat itu. Langsung hari itu juga saya minta data yang bersangkutan, di mana tinggalnya, siapa keluarga. Kenapa bisa seperti itu. Semunya minta data yang bersangkutan. alhamdulillah setelah dapat semua informasi yang bersangkutan kenapa bisa terjadi seperti itu dan kita lakukan upaya upaya pengobatan, bercengkerama, komunikasi dan berdialog dengan yang bersangkutan. Intinya, setelah kita bantu, baik berupa tempat tinggal, pakaian, termasuk sembako Alhamdulillah yang katanya namanya dipanggil Bisu sudah mulai hidup normal," cerita Suyatno kepada Riaumandiri.id, Ahad (2/8/2020).

Bupati meminta warga yang berdekatan tinggalnya dengan Bisu dapat memperhatikan dan membantu berkomunikasi dengan baik. 

"Mudahan mudahan yang bersangkutan pulih seperti sedia kala," pungkasnya.


Reporter: Jhoni Saputra


Tags Rohil

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar