KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2018

Indonesia Bertemu Musuh Bebuyutan

CRISTIAN GONZALES

KUALA LUMPUR (HR)-Indonesia dipastikan menghuni Grup F dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia yang baru saja usai dilaksanakan di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia.

Di Grup F ini, Tim Merah Putih bakal bergabung dengan dua negara Asia Tenggara lainnya, yakni Thailand dan Vietnam. Sementara dua tim lainnya ialah China Taipei serta Irak.
Selain Kualifikasi Piala Dunia 2018, pembagian grup ini juga bakal digunakan untuk ajang Kualifikasi Piala Asia 2019 yang bakal digelar di Uni Emirat Arab.
Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia putaran kedua bakal digelar 11 Juni 2015 hingga 29 Maret 2016. Hanya juara dan runner up grup yang berhak lolos ke babak berikutnya.
Melihat status Indonesia yang hanya ada di pot 4 sebelum undian kualifikasi Piala Dunia berlangsung, boleh dibilang Indonesia bernasib mujur saat hasil undian babak kedua kualifikasi Piala Dunia diumumkan.
Indonesia yang hanya duduk di peringkat 159 dunia dan menempati pot 4 mendapat berkah karena 'hanya' bersua Irak, Vietnam, Thailand, dan Taiwan di grup F.
Irak adalah negara dengan peringkat terendah jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya di pot 1. Bertemu Irak jelas merupakan sebuah keberuntungan bagi Indonesia jika dibandingkan harus bersua Iran, Jepang, Korea Selatan, ataupun Australia.
Bertemu Vietnam sebagai perwakilan dari pot 2 pun juga merupakan nasib baik bagi Indonesia. Mendapat lawan macam Vietnam masih lebih menyenangkan ketimbang harus bersua Arab Saudi, Oman, atau Qatar.
Dengan bertemu Vietnam dan Thailand, meski dalam beberapa pertemuan terakhir Indonesia selalu kesulitan, setidaknya Indonesia masih menyimpan asa untuk bisa mendulang poin karena dari segi kekuatan tim tidak terlalu berbeda jauh.
Taiwan sebagai perwakilan pot 5 di grup F pun tentu merupakan sebuah kemujuran bagi Indonesia karena Taiwan adalah tim dengan peringkat dunia terburuk di kawasan Asia.
Dalam babak kedua kualifikasi zona Asia ini, juara dari delapan grup plus empat runner up terbaik bakal lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia.
Itu berarti, Indonesia harus bisa memaksimalkan tiap laga yang mereka mainkan jika ingin menjadi juara grup atau membidik runner up terbaik.
Andai mampu lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia zona Asia yang bakal berisi 12 tim terbaik, hal itu sudah menjadi keberhasilan tersendiri bagi Indonesia.(blc/pep)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar