Realisasikan Penanaman Padi

Inhu Raih Predikat Sepuluh Nasional

ilustrasi

RENGAT (HR)-Periode Oktober 2014 hingga Maret 2015, pola penanaman padi sawah di Kabupaten Indragiri Hulu meraih predikat ke-10 tingkat nasional. Hal itu disampaikan Kementerian Pertanian RI Andi Rahman Sulaiman.

"Pernyataan itu disampaikan Kementerian Pertanian RI kepada kita pada saat acara panen raya dan penyerahan alsintan (alat mesin pertanian) di Kabupaten Siak beberapa waktu lalu," ujar Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Inhu Rahmat di Pematang Reba, belum lama ini.

Dijelaskan Rahmat, periode Oktober 2014 hingga Maret 2015, penanaman padi sawah di Kabupaten ditargetkan seluas 2113 hektare. Dari target itu, penanaman tersebut lebihi dari target semula, yakni seluas 2895 hektare atau 136,99 persen.
"Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari keseriusan Kelompok Tani (Poktan) yang kita bina dalam melaksanakan program Pemkab Inhu terkait penanaman padi sawah. Selain itu juga, tercapainya target ini tentu juga berkat keseriusan para penyuluh yang ada pada UPTD di masing-masing kecamatan yang ada di Inhu", terangnya.

Selain itu lanjut mantan Kepala SMK Pertanian Air Molek itu, keberhasilan penanaman padi sawah tersebut, juga berkat kerja sama yang dilakukan Kementerian Pertanian dengan TNI disetiap kabupaten.

"Khusus Kabupaten Inhu, kita sangat berterimakasih kepada Kodim 0203 Inhu yang turut membantu kita melalui Danramil dan Babinsa dalam meraih kebehasilan ini. Dengan demikian, kita berharap kerja sama ini dapat terus terjalin dalam mewujudkan Kabupaten Inhu mencapai swasembada pangan," tegasnya.

Begitu juga dengan Kelompok Tani, sambung Rahmat, pihaknya berharap, para kelompok dapat menjaga dan merawat sawah mereka dengan baik. Sehingga ke depan akan bisa menghasilkan produksi yang memuaskan. (grc/aag)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar